Jumat, 07 November 2008

One Piece



One Piece


One Piece
diciptakan oleh Eiichiro Oda. Komiknya dimulai pada 1997 di Shonen Jump terbitan Shueisha dan hingga kini masih terus berlanjut. Versi TV nya dimulai pada Oktober 1999 sampe tahun 2007, wuidiih lama juga ya...

Walaupun gue bacanyanya di potongan kisah yang nggak dari jilid pertama, gue tetep mudeng sama ceritanya, ini tandanya kalo kisah cerita One Piece tuh gue banget (halah) , adventure nya ngalir, ditambah gue suka sama tipe gambar yang dibuat sama pengarangnya. Magnet lain dalam cerita One Piece itu sendiri adalah kekonyolan yang terselip di beberapa adegannya. Dan bisa juga dibilang, kekuatan kisan One Piece selain cerita, gambar, ato artistik lainnya ,terletak di kuatnya karakter tokoh yang ada di cerita tersebut.

One piece itu sendiri bercerita tentang seorang Monkey D. Luffy, alias Luffy, seorang bajak laut yang berobsesi untuk menemukan One Piece, salah satu harta karun paling berharga yang ada di dunianya Luffy waktu itu. Setelah Luffy kecil diselamatkan oleh seorang bajak laut bernama Sanks, Luffy akhirnya bertekat untuk menjadi ‘the real’ bajak laut dengan cara berpetualang ke seluruh penjuru dunia dan menemukan One Piece. Di perjalanannya itulah Luffy menemukan berbagai petualangan seru bersama kapal Going Merry nya. Lantas Siapa Luffy? Yuk kita kenalan...




Monkey D. Luffy alias Luffy, adalah kapten dari Kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Kepala Luffy 300 juta berry setelah peristiwa di Enies Lobby. Ketika Luffy masih muda, dia secara tidak sengaja memakan Buah Iblis (di versi anime, dia memakannya asal-asalan dengan marah karena merajuk pada Shanks) yaitu Buah Gomu Gomu yang ia anggap adalah makanan penutup. Buah Gomu Gomu (Gomu berarti karet) adalah buah iblis yang menyebabkan tubuh pengguna menjadi melar kayak karet dan bisa memanjangkan anggota tubuhnya. Jadi Luffy itu mempunyai kekuatan kayak Mr. Funtastic di serial Fantastic 4
Berbeda dengan stereotype kebanyakan dari seorang Tokoh Utama, Luffy muncul malah dengan sifatnya yang sedikit bodoh dan ceroboh. Sebagai seorang bajak laut Luffy bisa dikatakan sangat awam karena tidak mengetahui apapun tentang kompas dan ilmu kelautan. Selain itu dia tidak bisa berenang karena memakan Buah Gomu Gomu. Ciri ciri dari Luffy adalah topi jerami di kepalanya, ia diberikan topi jerami oleh Shanks, bajak laut idolanya semasa ia masih kecil, sehingga kelak ia harus mengembalikannya jika bertemu lagi dilaut.




Roronoa Zorro adalah anggota bajak laut Topi Jerami yang bergabung bersama Luffy untuk yang pertama kali. Seorang ahli pedang,menggunakan gaya bertarung santoryuu (3 pedang) dan bercita-cita menjadi ahli pedang terkuat di dunia. Zoro ketika masih kecil menggunakan dua pedang dan bisa mengalahkan orang dewasa. Satu-satunya orang yang tidak bisa dikalahkan Zoro adalah Kuina, anak gadis gurunya. Zoro dikalahkan Kuina sampai 1000 kali, sampai akhirnya Zoro menantang Kuina untuk bertanding pedang sungguhan. Zoro kemudian kalah dan menangis. Setelah itu Kuina memberitahu Zoro kalau pada akhirnya wanita-lah yang akan lemah disaat mereka menjadi dewasa, kelak dia akan dikalahkan Zoro. Esok paginya, Kuina meninggal karena jatuh dari tangga rumahnya. Zoro marah dan menganggap kalau Kuna ingkari perjanjian tersebut. Pada akhirnya Zoro meminta pedang Kuina dan berjanji untuk meneruskan cita-citanya. Pedang milik Kuina adalah yang ada di mulutnya. Karena dia tidak punya "tangan ketiga", Zoro menggunakan mulut untuk membawa pedang ketiganya ketika bertarung

Zoro diselamatkan oleh Luffy ketika akan dieksekusi oleh Morgan. Zoro akhirnya bergabung dengan Luffy dan berkedudukan sebagai pendekar pedang. Zoro masuk daftar buruan dengan harga 60 juta berry dengan julukan Zoro si pemburu perompak. Sayangnya dari semua anggota Topi Jerami, Zorro termasuk salah satu anggota yang sedikit lemot dan selalu tidur sepanjang waktu.



Usopp sebagai orang ketiga yang bergabung dalam bajak laut Topi Jerami adalah penembak ulung yang paling pengecut dan selalu menghindari pertempuran dan hidung panjangnya mungkin terinspirasi dari pinokio. Sifat Usopp yang lain juga dia sangat penakut, atau itulah yang ia pikir. Keahliannya yang terhebat adalah berlari sangat cepat. Amunisi dari ketapelnya sangat beragam, seperti telur busuk, bahan peledak, bom asap dan peluru normalnya, pachinko . Usopp juga orang yang terampil, di kapalnya dia membuat ruangan bernama pabrik Usopp. Usopp juga yang paling menyayangi Going Merry dan memperbaikinya.



Anggota keempat Topi Jerami adalah Sanji. Ia adalah koki yang memiliki keahlian memasak yang luar biasa dan petarung andal dalam kelompok tersebut. Awalnya Snaji menolak menjadi anggota Topi Jerami, ia ingin mewujudkan cita2 nya sebagai koki yang handal. Ia adalah tipe pria yang sangat tergila-gila pada wanita, Penamilannya cukup tampan dengan rambut blonde nya yang straight dan pendek serta alis lucunya yang berbentuk melingkar. Ia seorang perokok berat. Sangat mengutamakan penampilan yang terlihat keren, bahkan saat datang menyelamatkan rekannya ia akan berpose dulu. Dia pernah menginginkan buah setan yang bisa membuatnya menghilang agar dia bisa mengintip wanita-wanita yang sedang mandi tanpa ketahuan , akan tetapi setelah dia tahu bahwa buah tersebut sudah dikonsumsi oleh Absalom , hal itu Sanji jadikan sebagai Dendam pribadi. Terlebih Lagi Setelah tau bahwa absalom pernah memakai kekuatan buah itu untuk mengintip Nami. Sanji menguasai jurus tendangan dan sangat mengandalkan kakinya.



Nami adalah navigator dari Bajak Laut Topi Jerami dan merupakan kru kelima (sebenarnya dia bergabung menjadi kru ketiga tapi melarikan diri dan bergabung lagi sebagai kru kelima) yang bergabung. Dalam pelayaran, Nami-lah yang memimpin, mengatur, dan membagi harta kepada kru Topi Jerami, bukan Luffy, sang kapten. Nami memiliki masa lalu yang kelam dan sampai sekarang belum diketahui orang tua asli Nami dan saat Nami masih bayi dia sudah dirawat oleh angkatan laut yang bernama Belle-Mere.
Nami kemungkinan adalah yang tercerdas di kelompok ini, dan saingannya hanya Nico Robin yang lebih suka diam. Sebagai navigator, Nami-lah yang sering menyelamatkan kapal dari dahsyatnya lautan Grand Line. Nami (dan juga Usopp) menganggap kalau dirinya yang paling lemah di kelompok dan selalu minta dilindungi atau menghindari pertarungan. Nami adalah anggota yang paling sering mengumbar amarah dan memukul sampai pingsan sahabatnya karena kelakuan mereka yang aneh. Juga melakukan hal yang sama kepada kru lain seperti marah karena Zoro yang selalu tidur. Nami langsung semangat jika mendengar kata harta dan uang dan rela melakukan apapun seperti menipu sahabatnya. Dia juga punya obsesi yang berlebihan terhadap fashion dan hanya dia yang paling sering ganti pakaian di dalam satu cerita. Tato di pundak Nami yang sekarang adalah kincir angin dan jeruk. Yang melambangkan kedua "orang tua" nya Belle-Mere dan Genzo.
Mimpi Nami adalah menggambar peta dunia dan dia percaya berlayar bersama Luffy akan dapat meraih impiannya itu.




Tony Tony Chopper adalah seorang dokter dalam kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Ia adalah anggota ke-6 yang bergabung ke dalam kelompok tersebut. Chopper dilahirkan sebagai seekor rusa kutub aneh yang berhidung biru. Ia sangat diasingkan oleh kelompok rusa kutub lainnya. Suatu hari ia memakan buah iblis tipe Hito Hito. Ia kemudian dapat berbicara dan berpikir seperti layaknya manusia, dan pada akhirnya dia dibuang oleh orang tuanya. Dia ingin bergabung dengan manusia-manusia. Akan tetapi, karena wujud manusianya yang seperti monster, ia juga ditolak oleh mereka. Pada akhirnya dia dijuluki monster salju oleh penduduk dan kemudian ditembaki oleh penduduk. Ia sangat penakut sama seperti Nami dan Usopp. Ia juga mudah percaya akan cerita-cerita bualan Usopp, walaupun sebenarnya ia sangatlah kuat.
Chopper merupakan salah satu petarung andalan dalam kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Ia petarung yang mengandalkan perubahan wujudnya. Sebagai pemilik kekuatan Buah Iblis tipe Zoan, awalnya ia hanya mempunya tiga wujud saja. Pertama Heavy Point, ini adalah bentuk manusianya. Banyak yang menyangkanya sebagai Gorilla jika ia dalam bentuk ini. Kedua wujud binatang, ini adalah bentuk aslinya yang berupa Rusa Kutub. Lalu bentuk manusia binatangnya, ini adalah wujud yang sering dipakainya. banyak yang menyangka kalau ia adalah seorang cerpelai jika dalam bentuk ini. Lalu ada brain point yang membuatnya tidak dapat mengendalikan perubahan wujudnya. ia berubah menjadi monster yang tidak dapat membedakan antara teman dan musuh.



Anggota ke 7 adalah Nico Robin, seorang ahli arkeolog dan sejarah. Robin adalah anak yatim piatu yang lahir di Ohara, ibunya, Nico Olvia pergi untuk penelitian ketika dia masih kecil. Selama ini sampai umurnya 8 tahun dia dirawat semena-semena oleh bibinya, Roji. Robin selalu mengerjakan tugas rumah tangga di rumah Roji, juga dengan jatah makan sedikit. Robin dijauhi oleh teman sebayanya karena dia memiliki kekuatan buah iblis. Dia dijuluki "gadis monster". Temannya hanyalah buku yang ia pinjam dari perpustakaan Pohon Pengetahuan. Dia juga bergaul dengan para peneliti sejarah di Ohara dan akrab dengan mereka. Pada suatu hari, Robin diangkat menjadi salah satu dari mereka, tetapi setelah mengetahui kalau Robin dapat membaca sejarah kuno Poneglyph, mereka memperingatkan Robin agar tidak sampai berhubungan dengan Poneglyph.
Suatu ketika desa Robin diluluh lantahkan, Setelah itu, Robin menjadi seorang buronan berharga 79.000.000 Berry karena dia seorang iblis terakhir dari Ohara, anak yang dapat membaca sejarah kuno Poneglyph. Karena tidak bisa menyebutkan kejahatan yang dilakukan Nico Robin, pemerintah mencantumkan alasan kalau Robin telah meledakkan 6 kapal angkatan laut.

Robin adalah wanita yang sangat cerdas, dia selalu diam dan membaca buku dari pada kru-kru lainnya yang sangat banyak tingkah.. Dia berteman dekat dengan Nami dikapal dan sering mengajarinya sesuatu. Robin akan sangat cocok jika bepergian bersama Chopper karena hobi mereka yang sama, yaitu membaca Buku. Robin juga digambarkan sebagai pemilik "sisi gelap", karena bayang-bayang masa lalunya yang tidak memiliki teman. Masa lalunya itu sendiri adalah sesuatu yang paling ditakutinya, Robin sangat ahli dalam hal Arkeologi, Sejarah, Geologi serta Bahasa Kuno. Robin adalah pemilik kekuatan buah iblis Hana Hana dan dia memakannya pada waktu kecil. Kekuatannya adalah membuatnya mengembangkan anggota tubuhnya layaknya bunga (hana). Membuatnya berperan sebagai penyerang jarak jauh yang handal. Robin juga malas bergerak dalam sebuah pertarungan, mempermainkan musuhnya dengan serangan-serangan jarak jauh seperti mematahkan tulang lengan, kaki atau jari (jurus seis fleur, clutch). Kelemahan dari kekuatan ini yaitu Robin juga ikut merasakan "sakit" jika anggota tubuh yang disebarnya juga menerima



Franky adalah anggota ke 8 Topi Jerami, sebelumnya ia pemimpin dari kelompok pembongkar kapal Keluarga Franky. Franky adalah cyborg yang konyol dan bodoh. Franky selalu melakukan pose-pose yang aneh ketika akan beraksi. Franky juga pemarah dan akan serius jika masalah yang ditanggapinya serius. Dia juga gampang menangis walaupun mungkin itu adalah salah satu kelakuan konyolnya. Penampilan Franky merupakan parodi Ace Ventura, dari jaket Hawaii-nya sampai rambutnya. Dia hanya menggunakan celana dalam pantai dan pakaian hawaii. Impian Franky adalah membuat kapal terhebat di dunia yang kelak akan mengarungi lautan luas. Mimpi inilah yang membuat dia dimungkinkan akan menjadi tukang kayu kapal kelompok bajak laut topi jerami. Franky membantu anggota topi jerami untuk meloloskan diri dari Ennies Lobby. Pada akhir cerita di Water 7, Franky bergabung ke anggota Luffy sebagai tukang kayu / reparasi kapal



Anggota terakhir Topi Jerami adalah Brook. Brook berposisi sebagai musisi. Sebagaimana dengan tokoh-tokoh lain dalam manga One Piece, Brook memiliki tawa yang unik karena tidak memiliki rahang, wujudnya adalah tengkorak. Brook dalam pertarungan menggunakan pedang yang tersembunyi dalam tongkatnya untuk mengalahkan lawannya. Dengan memainkan musik, Brook juga dapat membuat musuh tertidur. Karena tinggal tulang, tubuh Brook sangatlah ringan. Dia bisa melompat sangat amat tinggi dan berlari di atas air. Sebelum bertemu dengan kelompok bajak laut topi jerami, Brook telah berkelana dalam area segitiga Florian yang disebabkan bayangan yang dimilikinya diambil oleh Gecko Moria. Brook bertemu dengan kelompok bajak laut topi jerami. Dengan bantuan kelompok bajak laut topi jerami, khususnya Roronoa Zoro, Brook berhasil mendapatkan kembali bayangannya dari zombi samurai Ryuuma.


Nah itu tadi adalah tokoh utama yang ada di kartun One Piece, sebuah kisah yang bikin gue jadi anak kecil lagi. Gara gara One Piece nih, tiap mau mahrib gue selalu mantengin Global tv wkwkwkwk.

Tidak ada komentar: