Senin, 12 April 2010

Siswa Smamda Raih Penghargaan Lipi

Helm Oksigen
Refreshing helm adalah helm standar yang ditambahi fungsinya sebagai pemasok oksigen murni. ”Jika merasa sesak akibat polusi udara, pengendara sepeda motor bisa mendapat tambahan oksigen sehingga nyaman,” kata Agus saat memamerkan temuannya, Senin di sekolahnya.

Edwin menambahkan, tabung oksigen berkapasitas 500 cc yang diletakkan di bagian belakang helm akan memasok oksigen secara otomatis ke pemakai jika kadar oksigen di udara kurang dari 20 persen. Alat sensor yang ditanam di helm akan mengirimkan data itu ke prosesor mini yang berhubungan dengan motor penggerak. Motor kemudian memompa katup tabung untuk mengalirkan oksigen.

Motor penggerak kami ambil dari alat pengharum ruangan yang biasa dipasang di dinding. Perlu dua baterai 1,5 volt untuk menggerakkan motor. Dengan semua peralatan yang ditanam di helm, berat helm menjadi sekitar 1,5 kilogram,” kata Edwin.

Menurut Kepala SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo Hidayatullah, kedua siswa itu menjadi juara pertama di South East Asian Robotic Olympiad, Agustus 2009, serta juara kedua Indonesia Information and Communication Technology Award, Juli 2009.

Tidak ada komentar: